Cara Mudah Perpanjang STNK

Banyak masyarakat yang malas untuk melakukan perpanjangan stnk dikantor samsat, alasan yang banyak ditemukan adalah karena proses antrian yang cukup panjang. Padahal, proses perpanjangan stnk dapat dilakukan dengan dua cara yaitu, melakukan perpanjangan stnk online dan offline.

Untuk anda yang akan melakukan perpanjangan STNK tetapi belum mengerti bagaimana cara melakukan perpanjang stnk online, anda dapat menggantinya dengan cara offline. Berikut ini adalah langkah-langkahnya :

  1. Datangi kantor samsat setempat. Begitu anda mendatangi loket anda akan menemui banyak sekali calo. Calo-calo ini menawarkan jasa perpangan stnk dengan proses cepat namun dengan biaya yang lumayan mahal. Jika anda tidak ingin menggunakan calo, anda dapat menolaknya dan mengikuti prosedur yang sudah diberikan oleh pihak samsat.
  2. Mengisi formulir pengajuan stnk, mintalah bantuan petugas yanga da disana apabila anda tidak mengerti bagaimana cara mengisi formulir tersebut, untuk meminimalisir kekeliruan yang nantinya akan berdampak dalam jangka panjang.
  3. Menyerahkan formulir bersamaan dengan lampiran-lampiran seperti : STNK asli dan fotocopy, fotocopi BPKB kendaraan yang bersangkutan dan sudahh dilegalisir, KTP asli dan Fotocopi.
  4. Setelah semua lampiran lengkap, anda akan diberikan slip pembayaran pajak oleh petugas loket.
  5. Bayarkan pajak pada loket pembayaran yang berbeda, pastikan anda membayar sesuai dengan jumlah nominal yang sudah ditentukan pada slip tersebut. Simpan baik-baik bukti pembayaran pajak tersebut sebagai bukti untuk mengambil STNK yang baru.
  6. Kembali lagi ke loket pertama dan serahkan bukti pembayaran tersebut, tunggulah beberapa saat sampai nomor antrian anda dipanggil.

Apabila anda merasa repot dan malas untuk mengantri perpanjangan stnk secara offline maka, anda dapat melakukannya secara online. Dibawah ini adalah cara melakukan perpanjang stnk online dengan mudah dan cepat :

  1. Melalui via sms

Anda dapat melakukan perpanjangan stnk melalui sms dengan mengirim format : esamat (no.chasis) (no.ktp) (email) kemudian kirim ke 08112119211, anda tidak perlu khawatir karena nomer tersebut adalah nomor gateway pihak server samsat resmi.

  1. Langkah selanjutnya, anda dapat melakukan pengecekkan status tentang data-data seperti NIK, KTP dan sebagainya.
  2. Tunggulah beberapa saat, anda akan mendapatkan sms balasan dari pihak samsat berupa jumlah pajak yang harus dibayar dan jumlah tagihan lain.
  3. Lakukan pembayaran melalui teller bank atau anda dapat menggunakan atm, sms banking dan ibanking.
  4. Mendatangi kantor samsat dengan membawa bukti transfer yang sudah anda lakukan agar anda dapat memperoleh SKPD.

Pada dasarnya melakukan perpanjangan stnk online jauh lebih mudah, praktis dan cepat dibandingkan melalui offline. Selain itu anda juga dapat melakukannya dengan santai tanpa harus mengantri lama di kantor samsat.

(Visited 19 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *