Cara Pakai E-Filling Untuk Lapor SPT

Pajak adalah salah satusumber penghasilan negara yang paling utama. Ada banyak jenis pajak mulai dari pajak bumi dan bangunan. Pajak pertambahan nilai, pajak bisnis asing dan pajak lainnya seperti pajak penghasilan yang ditanggungkan pada masyarakat. Untuk membantu membangun dan mengembangkan perekonomian negara maka anda harus menjadi warga negara yang baik dengan melakukan pajak secara rutin dan melaporkan aset yang anda miliki.

Hal ini tidak hanya menguntungkan bagi negara tetapi juga menguntungkan bagi anda untuk melindungi aset yang anda miliki. Namun kenyataannya ada banyak masyarakat yang tidak patuh terhadap pajak dengan alasan ribet, tidak memiliki waktu dan proses yang sangat susah saat melakukan laporan pajak.

Namun saat ini anda tidak perlu khawatir karena sarana yang disediakan bagi para wajib pajak, baik pajak badan maupun paja pribadi untuk melaporkan pelaksanaan perpajakan pertahunan atau biasa disebut dengan SPT telah mengeluarkan SPT pajak online yang akan sangat membantu bagi anda yang ingin melakukan wajib pajak badan maupun pajak pribadi.

Pada kenyataannya memang ada banyak wajib pajak yang kebingungan saat memasuki masa akhir dan bertanya bagaimana cara mereka melaporkan pajak akhir tahun, karena tata cara lapor pajak memang tidak dijelaskan secara detail dan minim sosialisasi yang dlakukan sehingga tidak heran jika banyak badan maupun pribadi yangtelat membayar pajak atau bahkan sama sekali tidak membayar pajak dengan alasan tidak memahami bagaimana prosedur membayar pajak.

Dan hal ini adalah salah satu bukti bahwa perlu ada pelayanan pembayaran pajak yang harus diperbaiki untuk memudahkan para wajib pajak untuk membayar pajak dan tersedianya SPT pajak secara online adalah salah satu dari solusi tersebut. melalui e-filling pajak yang merupakan salah satu sarana untuk membayar pajak secara online para wajib pajak dapat melakukan tugasnya untuk membayar pajak dengan aman dan cepat karena yang dibutuhkan hanya komputer atau PC tanpa harus repot datang langsung ke kantor SPT. Dan berikut ini adalah cara untuk membayar pajak melalui e-filling:

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunjungi laman www.pajak.go.id. setelah itu anda dapat memilih kolom e-filling. Setelah masuk ke kolom e-filling anda harus mengisi formulir SPT yang telah tersedia dan mengisi sesuai dengan yang dijelaskan oleh panduan. Setelah menyelesaikan mengisi formulir. Maka anda harus mengambil dan mengisi kode verifikasi data pengisian SPT tahunan PPh.
  2. Setelah anda menerima kode verifikasi yang anda dapatkan dari email ataupun nomor ponsel anda maka anda bisa memasukkan kode verifikasi tersebut. lalu anda dapat langsung mengirimkan bukti penerimaan laporan SPT online yang akan anda terima melalui email.

Sebenarnya ada cara lebih mudah selain menggunakan e-filling yaitu menggunakan e-form yaitu salah satu aplikasi SPT Online yang juga dapat kita gunakan. Yang membedakan e-filling dengan e-form adalah e-form memungkinkan kita untuk mengunduh formulir terlebih dahulu dan  mengisinya kapanpun kita bisa. Namun baik e-filling maupun e-form keduanya adalah salah satu bentuk kemudahan yang dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kesadaran para wajib pajak untuk bayar pajak karena tidak ada alasan yang dapat anda gunakan karena membayar pajak melalui program SPT online sangat mudah dilakukan, aman dan juga tidak akan memakan banyak waktu layaknya membayar pajak secara manual. Dan menjadikan rutin pajak sebagai modalkita.com untuk membangun pembangunan ekonomi Negara.

(Visited 30 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *