Jangan Asal Pilih Tali Pancing, Sesuaikan dengan Lokasi Memancing Anda

Bagi sebagian orang memancing memang sudah menjadi hobby yang dilakukan ketika waktu senggang, olahraga yang satu ini tergolong sebagai jenis yang mudah dilakukan dan memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan juga bonus ikan yang didapatkan nantinya. Hanya saja kesalahan dalam memancing juga membuat Anda menghabiskan banyak waktu untuk menunggu, tanpa mendapatkan apapun. Salah satunya adalah pemilihan sarana. Penting mempertimbangkan banyak hal ketika akan membeli alat pancing, tali pancing  hingga kain pancing yang nantinya akan digunakan.

Misalnya mulai dari dimana tempat memancing tersebut, jenis ikan yang ingin dituju hingga kondisi ikan. Banyak yang mengatakan bahwa sebenarnya ikan buta warna, alias tak mampu membedakan jenis warna, sehingga dapat dibingungkan dengan pemilihan senar untuk memancing. Padahal sebenarnya salah, ikan tetap bisa membedakan warna, namun hanya untuk jenis-jenis tertentu saja. Juga ada beberapa warna yang agaknya sering kali membuat ikan menjadi kebingungan, sehingga mampu memakan umpan yang diberikan.

Hal ini sangat terkait dengan pemilihan tali pancing yang akan dipakai nantinya, sehingga jangan asal-asalan dalam menentukan, sebelumnya ketahui terlebih dahulu beberapa jenis senar untuk memancing berikut ini sebelum memutuskan untuk jatuhkan pilihan Anda, diantaranya adalah:

  1. Senar fluorocarbon, jenis senar yang satu ini memiliki satu keunggulan, yaitu karena terjadi pembiasan di dalam air sehingga warnanya tak akan terlihat, bahkan dengan memakai umpan hidup yang akan jelas dilihat adalah pergerakan umpan tersebut bukan senarnya, sehingga cocok dipakai untuk memancing. Bisa dipakai ketika tengah memancing di laut maupun di dalam sungai biasa, dengan kedalaman yang tak terlalu tinggi.
  2. Senar monofilamen, produk yang satu ini sangat populer dan juga paling banyak digunakan oleh pemancing, tersedia dalam beberapa pilihan warna. Jenis yang satu ini memang tergolong bagus dan juga kuat, mudah dilihat oleh pemancing, namun tidak dengan ikan yang tengah dipancing tersebut. Sehingga bisa Anda jadikan sebagai pilihan terbaik untuk digunakan memacing.
  3. Senar monofilamen clear, jenis yang satu ini tak jauh berbeda dengan monofilamen, hanya saja transparan atau tembus padang, inilah kelebihannya yang membuat banyak masyarakat yang senang memilihnya, benar-benar seperti tidak terlihat ketika digunakan di dalam air. Namun satu pertimbangan penting ketika menggunakan jenis yang satu ini adalah pemakaian umpan yang ukurannya besar, sehingga ikan mudah untuk melihatnya.
  4. Senar monofilamen merah, warna yang paling mencolok dan juga sangat mudah untuk dilihat, yaitu merah, paling disukai oleh pemancing, khususnya ketika akan dipakai memancing ke lautan lepas. Karena mudah untuk mendeteksi dimana arah umpan mereka. Jenis yang satu ini juga sangat mudah mendapatkan ikan. Karena samar terlihat oleh ikan.
  5. Senar polyfilamen, bahan yang satu ini dikenal juga dengan nama PE, biasanya digunakan untuk area memancing tertentu, seperti yang kedalamannya sangat jauh, sehingga benar-benar gelap, karena jika hanya digunakan untuk memancing pada permukaan saja akan mudah terlihat atau terdeteksi oleh ikan. Kekuatannya juga sangat baik sehingga cocok dipakai untuk jenis-jenis ikan yang besar.

Pilah-pilih yang tepat menyesuaikan dengan area pemancingan Anda, berbeda jenis tali pancing yang dibeli maka akan memberikan hasil yang berbeda pula. Pilih berbagai jenis produknya secara lebih mudah lewat situs jual beli online. Tak hanya senar, melainkan untuk alat pancing lainnya juga mudah untuk didapatkan disini.

(Visited 32 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *